Badan Litbangkes menyelenggarakan Webinar “Customer Service Excellence in the Public Sector“, Jumat 20 Agustus 2021 secara daring. Kegiatan yang diikuti oleh 266 peserta ini menampilkan narasumber CEO CPROCOM sekaligus Praktisi Kehumasan, Dr. Emilia Bassar. Kegiatan Webinar “Customer Service Excellence in the Public Sector” dilaksananakan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik sebagai wujud Reformasi Birokrasi.

Dr. Emilia Bassar sedang menyampaikan paparan mengenai “Customer Sevice Excellence in the Public Sector”
Webinar dibuka oleh sambutan Sekretaris Badan Litbangkes, Bapak Dr. Nana Mulyana. Narasumber Ibu Dr. Emilia Bassar menyampaikan paparan mengenai “Customer Sevice Excellence in the Public Sector”. Dalam paparannya beliau menyampaikan konsep layanan publik semestinya sesuai kenginan dan kebutuhan masyarakat. Setiap keluhan sebaiknya direspon dengan baik. Keluhan bisa disampaikan pada 8-10 orang sedangkan pujian bisa disampaikan pada 2-3 orang pelayanan offline ke online tidak mengurangi kualitas. Kualitas layanan lembaga harus sederhana dalam prosedur, kejelasan dalam rincian biaya dan prosedur, kepastian waktu pelayanan,dan kemudahan akses. Pelayanan publik juga disarankan untuk melatih keterampilan active listening. Active listening meliputi hal-hal berikut ini yaitu memberikan perhatian pada pembicara, tunjukan gestur anda sedang mendengarkan, jaga kontak mata, mencatat, bertanya seusai konteks, memberikan feedback, tidak buru-buru menarik kesimpulan, tidak membela diri, dan merasakan apa yang dirasakan pembicara.
Demikian Webinar “Customer Service Excellence in the Public Sector“. Semoga menambah inspirasi untuk meningkatkan produktivitas dalam kinerja pelayanan publik. Salam Sehat! [DAC]